Tips Amankan Akun Facebook dan Twitter


Beberapa hari lalu, akun media sosial pembesut sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg diretas oleh sekelompok tim peretas yang ahli.

Tak hanya meretas akun Facebook-nya, mereka juga mampu mengambil alih akun media sosial milik Mark Zuckerberg lainnya, seperti Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Pinterest.

Facebook
Apa yang terjadi terhadap Mark sebenarnya cukup lazim dan sering menimpa pengguna lainnya. Selain karena lalai, menggunakanpassword yang mudah ditebak, hingga penggunaan satu password untuk semua akun media sosial pun menjadi alasan mengapa hacker dapat mengambil alih akun kamu.

Untuk menghindari hal tersebut, tim Tekno Liputan6.com merangkum beberapa langkah mudah untuk mengamankan akun Facebook dan Twitter kamu, menggunakan fitur double verification yang tersedia di dalam kedua media sosial tersebut.

Sebelum memulai menggunakan fitur ini, ada baiknya kamu memasukkan nomor telepon di dalam data diri di Facebook dan Twitter.

1. Buka "Security Settings" dengan mengaksesnya di Facebook.com/settings. 
2. Klik "Security" di sidebar sebelah kiri, dan lanjutkan dengan memilih "Login Approvals".
3. Beri tanda centang di sebelah "Require a security code to access my account from unknown browsers."
4. Akan muncul sebuah jendela informasi, klik "Get Started" dan "Continue" untuk melanjutkan. Facebook akan secara otomatis mengirimkan kode konfirmasi ke nomor ponsel yang ada di data diri.
5. Masukkan kode yang kamu terima lewat SMS, bila kode yang dimasukkan benar maka akan muncul tulisan "It Worked!". Klik "Continue".

Twitter

1. Akses "Security and Privacy" dengan masuk pertama kali ke menu "Settings". 
2. Jika sudah masuk, lihat sidebar sebelah kiri untuk dapat menemukan dan klik "Security and Privacy".
3. Di halaman ini, beri centang di kotak sebelah "Verify login requests" dan masukkan kode verifikasi yang kamu terima.
4. Klik "Start" untuk melanjutkan. Agar lebih aman, Twitter akan kembali mengirimkan kode khusus ke ponsel kamu. Klik "Send Code".
5. Ketikkan kode khusus yang diterima di kolom dan klik "Submit".

Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu akan mendapatkan notifikasi lengkap dengan kode akses bilamana ada seseorang yang ingin mengakses akun kamu dari tempat yang tidak diketahui.
(Ysl/Isk)

0 Komentar