Tips Lolos Seleksi Beasiswa LPDP 2016

Beasiswa LPDP ditujukan untuk Magister S2, Doktoral S3, program tesis dan disertasi dalam dan luar negeri.
Beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun jadi para pencari beasiswa dapat mempersiapkan persyaratan beasiswa LPDP terlebih dahulu.
Untuk mendapatkan beasiswa LPDP  untuk program s2 dan s3 ada 4 tahapan yang harus dilalui yaitu:
  1. Seleksi administrasi
  2. Wawancara
  3. Ujian di Universitas
  4. Pengayaan.

Sedangkan untuk program  tesis dan disetasi hanya 2 tahap yaitu :
  1. Seleksi administrasi
  2. Wawancara
  1. Seleksi Administrasi
– Sertifikat TOEFL S2 minimal 500 – S3 minimal 550
– Study Plan
– 1 buah surat rekomendasi
– CV (di input secara online di website lpdp)
– Essay
– IPK minimal 3.00 S2 – minimal 3.25 S3
– Usia maksimal 35th untuk S2 dan 40th untuk S3
– Scan Ijazah
– Transkrip Nilai
– Surat Keterangan Sehat
– SKCK dari kepolisian

  1. Wawancara
Setelah lolos tahap administrasi selanjutnya yaitu tahap wawancara, tahapan ini adalah yang paling menentukan dalam seleksi beasiswa LPDP. Pada tahapan ini bisa dibilang paling mendebarkan karena banyak yang mengalami kegagalan pada tahap wawancara. Karena ini tahapan yang menentukan jadi alahkan baiknya mempersiapkan wawancara ini dengan semaksimal mungkin dan dengan persiapan yang sangat matang. berikut tipsnya mempersiapkan wawancara dan saat wawancara.
– Tips Pra wawancara
  1. Kuasai studi plan dan essai dan cobalah membuat beberapa pertanyaan yang menurutmu dan kemungkinan akan ditanyakan oleh penguji.
  2. On schedule, Pastikan jadwalnya jangan sampai terlambat ataupun tidak datang. Jadi datang lebih awal. Jika jadwal siang/sore sebisa mungkin berangkat dari pagi antisipasi jika jadwal dimajukan ataupun ada pemberitahuan penting di awal wawancara.
  3. Gunakan baju yang terbaik kamu yang membuatmu merasa PD dan siap wawancara. Gud luck.
– Tips disaat wawancara
  1. Jangan nervous tetap tenang dan percaya diri
  2. Saat masuk ruangan jabat tangan para intervier satu demi satu berurutan.
  3. Buat mereka tertarik dengan penampilan kamu ataupun senyum kamu
  4. saat berbicara dengan mereka usahakan menatap mata mereka, jangan tundukkan kepala. pastikan duduk dengan rileks, dan jangan tegang.
  5. Mereka juga manusia, jadi santai saja. mereka juga punya hati 😀
Biasanya para interviewer itu 3orang, 2 dosen ahli dan 1 psikolog. Mereka pasti sudah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan.
  1. Ujian Masuk Universitas
Bagi yang sudah mendapatkan LOA sebelum mendaftar LPDP bisa di skip :D. namun jika belum mempunyai LOA LPDP akan memberikan waktu  1tahun sejak dikeluarkannya SK untuk mendapatkan LOA (baik universitas dalam atau luar negeri).
Jadi setelah kita lolos tahap wawancara, kita bebas memilih kampus manapun  yang terdaftar di LPDP dan diberikan waktu 1tahun untuk memilih kampus yang memberikan LOA. Asalkan sudah lolos tahap wawancara kita bebas memilih kampus.

  1. Tahap Pengayaan
Ini adalah step terakhir sebelum resmi menjadi penerima beasiswa LPDP. Bisa dibilang tahap ini adalah tahapan yang menguras pikiran,tenaga,emosi,kesabaran dan sebagainya. acaranya ada seminar, akademi militer, naik gunung, kesenian, nonton film, lomba social, makan, diskusi, dan selfie. Banyak yang bilang tahap yang serus banget dan berkesan.
Program pengayaan ini dilaksanakan kurang lebih 10hari dan merupakan program wajib , jika anda gagal/tidak lolos tahapan ini anda akan di blacklist dan selamanya tidak bisa mendaftar beasiswa LPDP lagi.

0 Komentar