Buku Pedoman Masa Orientasi Pelajar Berbasis Karakter


Al-Hamdulillah puji syukur kehadirat Allah penyusun haturkan, yang telah memberikan kenikmatan dan kesehatan sehingga penyusun dapat menyelesaikan buku PedomanMasa Orientasi Pelajar Berbasis Karakter (MOP-BK).
Buku Pedoman Masa Orientasi Pelajar Berbasis Karakter ini disusun dengan maksud untuk kelancaran pelaksanaan MOP-BK yang diselenggarakan oleh setiap sekolahan. Buku ini memuat tentang Konsep dan Aplikasi MOP-BK. Dalam Buku ini terdapat Konsep (pengertian, Landasan, Tujuan, Sasaran, Prinsip MOP-BK). Selain itu dalam buku ini juga dibahas manajement  MOP-BK (Plaining, Organizing, Actuating dan Controling/Evaluasi). Dibuku ini juga dilengkapi dengan beberapa lampiran diantaranya, contoh jadwal, materi, tatib dan atribut yang mernilai karakter dan dilampiri pula cara pelaporan kegiatan (LPJ). Bagian penutup buku ini terdapat beberapa contoh game dan aplikasi yg edukatif dan menunjukan karakter.
Segala Program Kegiatan MOP-BK dalam panduan ini telah direncanakan oleh pihak Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’  dan tidak jauh berbeda dengan panduan  MOS di tingkat SMP/MTs-SMA/ sederajat yang lainnya.
Pelaksanaan MOP-BK tetap memberikan kesan yang baik, menyenangkan, dan menggembirakan dengan berhaluan Karakter sehingga pelajar baru dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan warga sekolah.
Mudah-mudahan Buku Pedoman MOP-BK ini dapat membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan Orientasi Pelajar. Pelaksanaan MOP-BK ini diharapkan berjalan dengan lancar dalam lindungan Allah Yang Maha Esa. Amin.
Malang, Mei 2012
Hormat kami,
PC. IPNU-IPPNU Kota Malang
NB: Bagi yang mau sharing atau yang membutuhkan buku dan workshop ini silahkan hub. 0341-4444124 atau 085755556713/085335666681

0 Komentar