Kegiatan Training dan Motivasi di berbagai daerah

STAIN Kediri – Pentingnya mendiskusikan esensi dan eksistensi mahasiswa di era sekarang, melatarbelakangi Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Intelektual mengadakan Talk Show dan Diskusi Interaktif Mahasiswa Zaman Now pada Rabu, 29 November 2017. Pihak kesekretariatan menyebutkan, acara yang bertempat di Gedung Rektorat Lantai 4 ini dihadiri kurang lebih 250 mahasiswa. Sebagai pembicara, panitia menghadirkan 3 tokoh dengan latarbelakang profesi yang berbeda, Mufarrihul Hazin selaku Dosen STAIN Kediri, Muhammad Zaini dari kalangan entrepreneur dan Kaniran Efendi selaku aktivis sosial.
Acara ini menarik dengan menampilkan video ilustrasi mahasiswa zaman sekarang yang diperankan oleh anggota UKM PI sendiri. Selain itu terdapat suguhan musik dari Kanjeng Kustik yang membawakan beberapa lagu. Zidni salah satu moderator juga membacakan puisi yang berisi kesimpulan talk show sesi pertama.
Menurut Mufarrihul Hazin, mahasiswa adalah agent of change dan harus mempunyai 3 bekal yaitu pengetahuan, keterampilan, dan nilai. Mahasiswa yang punya pengetahuan tanpa keterampilan dan nilai maka ia tidak dianggap. Aktivis sosial Kaniran Efendi menambahkan, bahwa mahasiswa adalah identitas. Mahasiswa adalah orang-orang berstatus sosial tinggi yang sedang menempuh pendidikan dan harus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan masyarakat.
Muhammad Zaini mengungkapkan bahwa secara teori mahasiswa adalah agent of change. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah pernahkah pembelajaran dibentuk untuk menghasilkan mahasiswa sebagai agent of change?  Hal tersebut agaknya masih menjadi PR dalam dunia pendidikan. “Dahulu jumlah mahasiswa lebih sedikit daripada sekarang. Akan tetapi jumlah mahasiswa yang lebih banyak malah menjadi masalah, karena sekarang banyak pengangguran yang bertitle mahasiswa,” tambahnya.
Sehubungan dengan video ilustrasi mahasiswa zaman sekarang, UKM yang menghelat agenda ini pernah menayangkannya saat Inagurasi dan Demo UKM. “Sebelumnya UKM PI dulu pernah menampilkan video ilustrasi mahasiswa pada acara Inagurasi STAIN Kediri, kemudian kami mendiskusikan untuk membuat talk show dan diskusi interaktif ini guna menyadarkan kembali apa esensi dan eksistensi dari mahasiswa itu sendiri,” tutur Muhammad Akhsanul Muhtadin selaku ketua pelaksana.
“Mahasiswa zaman sekarang jangan hanya menikmati keberadaan di kampus, tetapi mahasiswa juga harus memasyarakat agar mereka punya kepekaan sosial. Lakukanlah 3 M, yaitu Mulai perbaiki diri sendiri, Mulai dari hal kecil, dan Mulai dari saat ini,” pesan Mufarrizul Hazin kepada audiens.
Sebelum acara berakhir, para peserta diberi secarik kertas berukuran kecil oleh panitia untuk menulis kesan mereka terhadap digelarnya agenda ini. Seperti halnya yang ditulis oleh Zeni Qurrotul Ainina, mahasiswa PAI semester 3. “Acara ini membuat saya lebih memahami esensi mahasiswa yang sebenarnya, dan tanggung jawab mahasiswa ketika berada di perguruan tinggi, yang bukan sekedar berbangga diri bahwa diri adalah mahasiswa,”.
Reporter: Siti Mardhiyah

0 Comments