728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 10 October 2011

    Resep Sehat Ala Rasul

    Resep Sehat Ala Rasulullah
    Mengingat Rasulullah adalah uswatun hasanah bagi kita, perlu diketahui bahwa beliau belum pernah terserang penyakit seperti kanker, asma, darah tinggi, dan lain sebagainya. Itu semua tidak lepas dari kehidupan sehari-hari beliau yang bersih dan selalu menjaga kesehatan. Rasulullah bersabdaألنَّظَافَةُ مِنَ اْلإيْمَانِ    yang artinya adalah “ kebersihan itu termasuk sebagian dari iman ” kerena dengan hidup bersih akan menjadikan kita hidup sehat.
        Dalam menjaga kesehatan ada beberapa resep kesehatan yang dilakukan oleh Rasulullah. Yang pertama adalah beliau selalu berdoa kepada Allah SWT untuk mandapatkan kesehatan. Seperti yang diceritakan ketika Shahabat Umar bertanya pada Raslullah SAW tentang kesehatan, beliau mejawab “ Berdoalah pada Allah, dan mintalah kesehatan pada-Nya”.
        Salah satu doa Rasulullah tentang kesehatan adalah :
    أَللَّهُمَّ عَافِنِي فِى بَدَنِي أَللَّهُمَّ عَافِنِي سَمْعِي أَللَّهُمَّ عَافِنِي بَصَرِي اَللَّهُمَّ إِنيِّ أَعُوْذُبِكَ مِنَ اْلكُفْرِ وَالْفَقْرِ. أَللَّهُمَّ إِنيِّ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ اْلقَبْرِ لاإِلهَ إِلا أَنْتَ
    Yang artinya: “ Ya Allah, sembuhkanlah badanku. Ya Allah, sembuhkanlah pendengaranku. Ya Allah, sembuhkanlah penglihatanku. Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya allah hamba berlindung kepada-Mu dari siksa alam kubur, tiada Tuhan selain  Engkau” ( H R Abu Daud )
    Resep Rasulullah yang kedua dalam menjaga kesehatan adalah beliau selalu melakukan shalat malam tatkala orang lain sedang tidur. Di dalam al Quran disebutkan:
    وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا. أللآية
    Ayat ini menjelaskan bahwa di waktu malam hendaklah kita gunakan dengan shalat tahajjud atau shalat sunnah lainnya, karena dengan itu kita bisa mendapatkan maqam yang terpuji di sisi Allah SWT. Imam Turmudzi berkata bahwa melakukan shalat malam bisa membuat ketenangan di dalam hati, karena ketika kita banyak tidur, maka akan membuat peredaran darah kita tidak teratur, dan ketika kita melakukan shalat malam, maka kita akan mencoba melepas segala masalah kita dan memohon ketenangan pada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:
    يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَي قَافِيَةِرَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ,يَضْرِبُ عَلَى كُلِّ عُقْدَةٍ.  عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيْلٌ فَارْقُدْ. فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللهَ تَعَالَى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ. فَإِنْ تَوَضَّأَ اْنحَلَّتْ عُقْدَةٌ. فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّهَا فَأَصْبَحَ نَشِيْطًا طَيْبَ النَّفْسِ. وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيْثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ.

    Artinya: “ Ketika seseorang sedang tidur, syaitan akan mengikat ubun-ubun kepalanya dengan tiga ikatan. Sedangkan malam sangat panjang, maka bangunlah. Ketika dia bangun kemudian mengingat Allah maka satu ikatan akan lepas. Jika dia wudlu’ maka satu ikatan lagi akan lepas. Dan jika dia shalat maka lepaslah semua ikatan itu, dan ia akan memulai hari dengan semangat dan ceria. Namun jika tidak, maka ia akan memulai hari dengan malas dan tidak ceria”.
        Hadis Rasulullah ini menjelaskan bahwa ketika kita tidur, maka syaitan akan membelenggu kita. Menurut Imam Turmudzi ketika kita tidur maka aliran darah kita akan tidak teratur dan dapat merobek  pembuluh darah yang akan menyebabkan kita terserang penyakit darah tinggi. Maka rasulullah menganjurkan bagi kita untuk bangun malam dan melakukan shalat dan kita akan menghadapi hari esok dengan ceria..
        Resep Rasulullah dalam menjaga kesehatan yang ketiga adalah beliau selalu bangun sebelum waktu shalat subuh tiba. Karena beliau mendapatkan ketenangan hati tatkala waktu subuh telah tiba dan beliau senang menghirup udara pada saat itu. karena udara pada pagi hari sebelum mega merah muncul sangatlah bagus untuk kesehatan.
        Resep beliau dalam menjaga kesehatan yang keempat adalah beliau selalu melakukan jalan kaki ketika memenuhi hajatan. Ketika beliau pergi ke masjid, ke pasar, pergi melayat orang sakit, dan hajatan-hajatan lainnya beliau selalu dengan berjalan kaki. Dalam ilmu kedokteran memperbanyak jalan kaki sangatlah penting bagi kesehatan dan khususnya sangat bagus untuk jantung. Disebutkan bahwa manusia harus melakukan jalan kaki minimal tiga jam sehari. Mengapa? Karena jalan kaki sangatlah bagus bagi kesehatan kita dan peredaran darah kita akan lancar. Rasulullah sendiri selalu dengan jalan kaki tatkala memenuhi hajatannya.
    Resep Rasulullah dalam menjaga kesehatan yang kelima adalah beliau makan hanya secukupnya, satu per tiga perutnya untuk makanan, satu pertiga lagi untuk minuman, dan satu pertiga isi perutnya diisi dengan udara untuk pernafasan.
        Resep beliau yang selanjutnya adalah beliau selalu tawakkal ketika menghadapi masalah. Rasulullah SAW adalah seorang yang giat bekerja, beliau pernah bersabda “Wahai umatku bekerjalah sesuai dengan kemampuan kalian masing-masing, akupun juga bekerja”. Nabi Muhammad adalah seorang pemimpin yang selalu memikirkan umatnya dan juga seorang komandan perang yang gagah. Hal ini menggambarkan bahwa beliau adalah orang yang giat bekerja dan tidak mengenal lelah.
    Jika kita lihat dari sejarah kehidupan beliau, maka kita akan dapati bahwa di samping beliau rajin beribadah dan berdakwah, beliau juga tak lupa untuk bekerja keras. Dari sinilah terlihat bahwa beliau sangat sibuk sekali. Namun beliau tetap bisa menjaga kesehatannya dengan melaksanakan semua pekerjaannya dengan giat dan tawakkal kepada Allah SWT. Dalam Al Qur’an Surat At Thalaq ayat 3, Allah berfirman yang artinya “ Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi keperluannya ( memberi jalan keluar ) ”.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Resep Sehat Ala Rasul Rating: 5 Reviewed By: Motivator Indonesia
    Scroll to Top